Minggu, 06 Mei 2012

BAB 9 MANAJEMEN PERBANKAN MANAJEMEN PEMASARAN BANK


BAB 9
MANAJEMEN PEMASARAN BANK

o Riset Pemasaran, kegiatan perancangan, pengumpulan analisa dan pelaporan data secara sistematik dan relevan berdasarkan situasi pemasaran

o Cara Identifikasi Pasar
-    Penetrasi pasar
-    Pengembangan pasar
-    Pengembangan produk
-    Diversifikasi produk

o Langkah-langkah menentukan riset
1.     Merumuskan masalah
2.     Studi Kepustakaan
3.     Menyusun Hipotesis
4.     Menentukan sumber data
5.     Menentukan pengumpulan dana
6.     Teknik pengumpulan data
7.     Menyusun daftar pertanyaan
8.     Mengumpulkan data
9.     Mengolah data
10.  Menganalisis data
11.  Menyusun laporan

o Tujuan Riset, memperoleh informasi-informasi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tentang kekuatakn dan kelemahan peluang, dan ancaman (analisis SWOT) bank yang bersangkutan.

o Menetapkan tujuan pemasaran, hasil riset pemasaran dapat menentukan apa yang harus dilakukan, pengembangan rencana-rencana yang efektif, menentukan sasaran prestasi idividu dan menilani hasilnya. Segala kegiatan dilakukan dengan perencanaan dan standar pengendalian yang akan dijadikan pedoman setiap pegawai bank, jadi tujuan bank harus dibuat lebih spesifik.

o Strategi pemasaran bank, mengarahkan straegi bisnis kepada usaha untuk memanfaatkan setiap peluang bisnis dan mengantisipasi setiap ancaman seoptimal mungkin berdasarkan analisis SWOT

o Langkah-langkah Pencapaian Tujuan

1.Segmentasi Pasar, mengidentifikasi kelas-kelas dalam masyarakat yang mempunyai perbedaan kebutuhan jasa bank
Meliputi : tingkat pendapatan masyarakat, kepentingan, status sosial, dan
  brand awcreness
-   Segmentasi pasar didasarkan pada :
1. Segmentasi Geografis, membagi pasar menurut geografisnya
2. Segmentasi demografis, membagi pasar menurut variabel kependudukan
3. Segmentasi Psikologis, membagi pasar menurut faktor psikologi (gaya hidup, kelas sosial, dll)
4. Segmentasi Perilaku, membagi pasar menurut pengetahuan, sikap pemakaian, dan tanggapan terhadap jasa bank
-   Syarat Segmentasi Pasar
1. Dapat diukur (measurability)
2. Dapat terjangkau (accessibility)
3. Potensi (substansibility)
4. Dapat dilaksanakan (actionability)

2.Pasar Sasaran
-    Pemasaran Serba Sama, perbedaan segmen pasar tidak terlalu mencolok
-    Pemasaran Serba Aneka, segmen pasar yang tidak dapat digabungkan sehingga produk didesain untuk masing-masing segmen
-    Pemasaran Terupsat, hanya ada 1 segmen pasar yang paling menguntungan

3.Menentukan posisi pasar, menentukan posisi bank dan posisi pesaing di pasar sasaran, kemudian memutuskan cara terbaik untuk memenangkan persaingan

4.Strategi memasuki pasar
-    Membeli bank lain
-    Mengembangkan produk sendiri
-    Kerjasama denga bank lain

5.Mengembangkan bauran pemasaran, menggunakan berbagai variabel untuk mempengaruhi respon nasabah atau calon nasabah.
Meliputi :
a. pengembangan produk bank
-   tahap pengenalan (pengenalan produk)
-   tahap pertumbuhan (hasil penjualan naik)
-   tahap kedewasaan (mempertahankan penjualan, menjaga kualitas)
-   tahap penurunan (penjualan menurun karena mengalami kejenuhan)
b. penetapan harga/tarif jasa bank, meliputi
-   pasar persaingan sempurna, dengan menonjolkan kualitas produk yang berbeda karena pasar bersifat homogen
-   pasar persaingan monopolistik, penetapan keistimewaan produk yang lebih tinggi dari bank lain menentukan harga produk (deferensiasi pasar)
-   pasar persaingan oligopolistik, biasa ditemukan di pasar kredit kecil (ritel) sehingga diperlukan penyebaran jaringan kecil dan banyak tenaga kerja
-   pasar persaingan monopolis, terdapat 1 penjual (bank) sehingga dapat secara leluasa menentukan harga pasar
c. pendistribusian produk bank ke masyarakat, mempertimbangkan:
-   lokasi kantor pesaing, kantor cabang harus lebih mudah dijangkau
-   lokasi nasabah, lebih mendekatkan diri dengan lokasi usaha/tempat tinggal nasabh
-   tersedianya fasilitas lain yang sering dikunjungi
-   fleksibilitas pengaturah lokasi dan keamanan
d. penggunaan media promosi, antara lain :
-   iklan, kegiatan produk secara lisan maupun tulisan baik menggunakan media cetak, TV, radio, internet, dll
-   promosi penjualan, kegiatan penawaran dengan menggunakan  peragaan, demonstrasi serta metode yang diawasi oleh bank
-   penjualan pribadi, kegiatan penawaran dengan melakukan pendekatan langsung dan menjelaskan kelebihan produk
-   publisitas, kegiatan penawaran dengan memasukkan produk ke dalam berita-berita televisi/cetak

o Rencana Pemasaran Bank, membuat perencanaan bank secara tertulis yang mencakup target pasar dan produk yang ditawarkan, target dana, target ekspansi kredit, anggaran yang akan digunakan, serta penetapan penanggunjawab pemasaran dan haruslah merupakan pasar sasaran yang paling menguntungkan serta memperhatikan kebutuhan, keinginan dan permasalahan yang dihadapi calon nasabah

o Kegiatan Pemasaran Bank, setiap unit kerja bank harus benar-benar mengetahui secara detail produk yang nantinya akan mereka pasarkan sehingga siap untuk melayani nasabah dalam menggali informasi tentang produk yang ditawarkan baik melalui sarana iklan, media publisitas, promosi penjualan dan penjualan pribadi.

o Pengawasan Pemasaran Bank, dengan melakukan evalusai yang dapat dilakukan disetiap pertengahan tahun oleh penanggunjawab pemasaran, sehingga apabila terdapat ketidaksesuaian dengan rencana dapat dilakukan tindakan korektif untuk mencapai target pasar

o Jenis pengendalian pemasaran
1. Pengendalian rencana tahunan, untuk menjami bahwa semua target yang ditetapkan dalam rencana pemasaran tekah tercapai
Meliputi :
-   Menetapkan sasaran setiap bulan atau setiap kuartil dari rencana tahunan
-   Memantau pelaksanaan operasional pemasaran
-   Menentukan sebab-sebab terjadinya penyimpangan dalam pemasaran
-   Mengambil tindakan perbaikan untuk menutup kesenjangan antara target dan realisasinya
2. Pengendalian Profitabilitas, untuk mengetahui kemampuan bank untuk memperoleh laba dari berbagai produk, daerah, dan kelompok nasabah untuk mengambil tindakan perluasan, pengurangan atau penghentian pemasaran oleh pengendali pemasaran
3. Pengendalian Strategik, suatu pemeriksaan yang menyeluruh, sistematik, dan bebas atas lingkungan pemasaran, sasaran, strategi, dan aktivitas pemasaran untuk menentukan luasnya permasalahan dan peluang-peluang untuk memperbaiki prestasi pemasaran
4 hal dalam audit pemasaran
1.        Luas, mencakup semua dimensi utama pemasaran bank
2.        Sistematik, menyangkut tata urutan teratur dari langkah diagnostik yang mencakup lingkungan pemasaran, sistem pemasaran, dan aktivitas pemasaran
3.        Bebas, terpisah dari pengaruh bagian pemasaran
4.        Berkala, audit pemasaran dilakukan berkala, tidak hanya bila ada krisis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar